Yang WAJIB Buat Mahasiswa Tahun Pertama dan Kedua

3212

 

Semester pertama dan kedua kuliah adalah saat yang cukup penting untuk seorang mahasiswa. Di sinilah seorang mahasiswa dipaksa untuk meninggalkan atmosfir sekolahnya dulu yang serba kanak-kanak, menuju dunia kuliah yang penuh tanggungjawab. Untuk itu, sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk beradaptasi dengan cukup cepat untuk menyesuaikan diri dalam kehidupannya yang baru. Apa sajakah yang kiranya harus diketahui, dipikirkan, direncanakan, dan dilakukan mahasiswa baru? Berikut beberapa hal wajib yang harus dimiliki seorang mahasiswa baru menurut kajian IsiGood.com. Yuk disimak!

  1. Sudah memahami betul-betul isi kurikulum, dan alur mata kuliah. Alur ini penting karena tiap-tiap mata kuliah di masing-masing semester akan saling berkaitan satu dan lainnya.
  2. Sudah tidak berkarakter mendewa-dewakan IPK tinggi, atau apapun dilakukan demi IPK tinggi semata. Padahal factor sukses lebih tergantung pada leadership dan softskill. IPK juga penting, tapi factor nomor sekian.
  3. Sudah bisa menyebutkan minimal 10 perusahaan besar yang sudah menunggu anda untuk merekrut pada 4-5 tahun yang akan datang.
  4. Sudah bisa menjelaskan prospek karir pada minimal 2 perusahaan besar tersebut.
  5. Sudah tahu siapa dosen killer, dan siapa dosen yang baik hati.
  6. Sudah tahu karakter masing-masing dosen, bagaimana mereka di dalam memberi penugasan, tipe ujian dan bagaimana model/cara memberi penilaian akhir.
  7. Sudah mengetahui daftar kerjasama prodi dengan pihak eksternal (perusahaan/institusi pendidikan baik dari dalam negeri maupun luar negeri).
  8. Sudah mengenal baik dengan minimal tiga orang kakak kelas yang baik hati bersedia menceritakan pengalaman mereka, baik yang sukses, biasa-biasa saja dan yang kepayahan dalam kuliah. Mau pilih jadi yang mana?
  9. Sudah tahu, apa sih PKM itu? Apa gunanya bagi CV di masa depan ketika cari kerja?
  10. Sudah tahu persis peluang dikirim ke luar negeri, dalam rangka program student exchange atau program kegiatan internasional lainnya.
  11. Sudah mengetahui persyaratan bagaimana agar bisa terpilih dan dikirim ke luar negeri.
  12. Sudah memiliki paspor. Bagi yang belum, tunggu apa lagi?
  13. Sudah mulai menabung sedikit demi sedikit … bersiap-siap setiap saat ada peluang student exchange ke LN tiba. Biasanya beasiswa yang disediakan adalah tipe partial (bukan beasiswa penuh/full). Pengalaman internasional akan menaikkan kualitas konten CV, meningkatkan karakter diri menjadi lebih siap menghadapi persaingan global.
  14. Sudah memutuskan mau gabung Unit Kegiatan Mahasiswa apa?
  15. Sudah mendaftarkan diri jadi panitia Job Fair yang diselenggarakan kampus. Buatlah hubungan baik dengan semua perusahaan pencari tenaga kerja tersebut. Tanyakan tentang karir dan opportunity di perusahaan mereka

Leave a comment